Home » Wisata Alam » Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dicoba

Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dicoba

Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dicoba

Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dicoba – Kota Solo atau nama formalnya Kota Surakarta memang sangat terkenal dengan budaya jawa yang kental. Kota kecil ini berada di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten. Oleh sebab itu, Solo ramai sekali akan pendatang baru yang ingin berdomisili di sini. Meskipun demikian, Solo bisa jadi tak sepopuler saudara jauhnya yakni Yogyakarta.

Sebagai kota yang pernah berjaya di bawah kekuasaan Kesultanan Surakarta ini perlu dibanggakan akan ragam kulinernya. Pasalnya Solo merupakan ajang untuk mencoba pengalaman baru dengan mencicipi kuliner khas kerajaan. Apalagi masyarakat Solo yang memiliki budaya ramah-tamah membuat keakraban tersendiri. Bagi anda yang ingin berwisata kuliner di kota penuh kebudayaan wajib menyambangi tempat ini.

Berikut Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dicoba
1.Timlo Sastro
Timlo adalah sajian kuliner khas Solo yang wajib anda coba. Pastinya jika jalan ke Yogya anda akan menjumpai Gudeg, lantas untuk di Solo harus mencicipi Timlo Sastro sebagai legendanya. Sebenarnya Timlo semacam sop kaldu ayam yang isinya ati ampela, wortel, sosis solo, daging ayam, dan kentang. Untuk menyantapnya dibarengi dengan nasi dan kerupuk kulit. Anda bisa menemukan Timlo Sastro di belakang Pasar Gede Timur yang dibuka setiap hari.

2. Sate Buntel Tambak Segaran
Sate Buntel Tambak Segaran memang sangat unik, dimana sate ini dibungkus sebelum dibakar. Sate yang terdiri dari daging kambing cincang dan sudah dibumbui serta dibungkus menggunakan lemak kambing tipis. Menariknya saat proses pembakaran, lemak akan meleleh sehingga menambah cita rasa sate buntel. Anda dapat menjumpai Sate Buntel popeler yang terletak di Jalan Tambak Segaran 39, Kota Solo.

3. Tengkleng Bu Edi
Berlibur ke kota budaya, maka wajib mencoba Tangkleng Bu Edi yang berada di utara Pasar Klewer. Tengkleng ini terkenal dengan makanan orang miskin pada jaman dahulu. Pasalnya kuliner Tengkleng dibuat dari tulang kambing dengan sedikit daging. Proses memasaknya ada yang menggunakan santan dan tidak. Untuk segi rasa tak perlu diragukan lagi lantaran campuran rasanya dari asam, gurih dan menyegarkan.

4. Roemahkoe Resto
Roemahkoe Resto atau Restoran Laras yang menawarkan kuliner khas bernuansa Jawa. Lokasinya di Jalan Radjiman 501 Solo. Adapun menu makanan andalan yang disajikan bernama Nasi Jemblung khas kuliner kerajaan. Penyajiaanya begitu unik nan cantik, hanya beralaskan daun pisang dan nasi dibentuk seperti cincin raksasa. Kemudian, untuk mempercantik diberikan lidah sapi di tengah cincin tersebut. Agar semakin sedap maka ditambahkan sambal terasi, kerupuk kulit dan mentimun.

5. Pasar Malam Ngarsopuro
Pasar Malam Ngarsopuro berlokasi di Jalan Diponegoro yang dibuka setiap malam minggu saja. Pasar malam ini merupakan tempat nongkrong anak muda Solo. Di situlah anda bisa menjumpai kuliner khas Solo seperti sosis Solo, cabuk rambak, nasi liwet , sate kere dan lain sebagainya. Sambil menyantap makanan yang disajikan, anda juga dapat melihat berbagai kerajinan tangan untuk dijadikan oleh-oleh dari kota Solo.

Bagaimana, anda puas menikmati ragam kuliner khas Solo? Perlu diingat Solo sangat kreatif dalam mengolah kuliner, jadi anda tidak akan menyesal untuk mengeluarkan sedikit uang demi berwisata kuliner.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *