Home » Wisata Kuliner » Kelezatan Wisata Kuliner Khas Papua Barat

Kelezatan Wisata Kuliner Khas Papua Barat

Kelezatan Wisata Kuliner Khas Papua Barat

Kelezatan Wisata Kuliner Khas Papua Barat – Saat anda berlibur ke Pulau Papua tidak ada salahnya untuk mencicipi ragam kuliner khas daerah tersebut. Salah satunya yang wajib anda jajaki adalah wisata kuliner di Papua Barat. Mungkin anda masih ragu dengan berbagai jenis makanan khas Manokwari ini. Namun jangan salah jika Papua Barat memiliki kekayaan kuliner khas seperti daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Jadi, Papua bukan hanya menawarkan pesona wisata alam dan keelokan budaya lokalnya. Melainkan mampu menyuguhkan wisatawan untuk menggoyang lidah dengan sajian makanan lokal. Tentu saja sangat menantang untuk mencoba dari setiap kelezatan hidangan khas Papua. Apalagi Papua ini mempunyai makanan pengganti nasi berupa Sagu. Untuk membayar rasa penasaran anda mari kita intip wisata kuliner ini.

Berikut Kelezatan Wisata Kuliner Khas Papua Barat
1.Ikan Bakar Manokwari
Ikan Bakar Manokwari yang merupakan sajian kuliner khas Papua Barat. Adapun jenis ikan yang digunakan dalam penyajiannya berupa ikan tongkol dengan dibakar. Menikmati hidangan ini sangat cocok untuk anda yang suka pedas. Pasalnya disantap bersama dengan sambal khas Papua, dan tentunya sambal tersebut berbeda dari yang biasa anda jumpai. Jika anda penasaran akan rasanya, cobalah untuk mencicipinya.

2. Papeda
Papeda merupakan makanan khas yang berada di wilayah timur, termasuk Papua Barat ini. Bahan dasar yang dibuat adalah sagu. Biasanya Papeda dimasak seperti bubur yang berwarna putih dan memiliki tekstur lengket menyerupai lem. Uniknya rasa asli dari makanan ini ialah hambar. Untuk itu, anda perlu menyantapnya bersama dengan ikan tongkol atau mubara yang telah diolah menggunakan kunyit, dan berkuah kuning.

3. Sate Ulat Sagu
Berikutnya adalah makanan khas bernama Sate Ulat Sagu yang memungkinkan rasa mual atau muntah saat mendengarnya. Sebagai bahan dasarnya berupa Ulat Sagu yang didapat dari batang pohon sagu yang telah tua. Makanan jenis ini kerap dikonsumsi oleh masyarakat asli Papua yang hidup di alam. Namun kini Ulat Sagu bisa diolah dengan dibakar layaknya sate, sehingga cukup menarik untuk menyantapnya.

4. Martabak Sagu
Ini dia martabak yang berbeda dari daerah lain dan hanya ada di Papua Barat. Dimana martabak sagu tersebut berasal dari Kabupaten Fakfak. Martabak yang dibuat dari bahan utama sagu ini cara pengolahannya dengan dihaluskan, kemudian ditambahkan gula merah, dan barulah digoreng. Tentu saja lain dengan martabak manis atau martabak telor. Meskipun dari segi rasa sudah jelas manis dan enak untuk dimakan.

5. Udang Selingkuh
Jika dilihat dari namanya memang terkesan sangat unik. Udang Selingkuh memiliki bentuk udang namun tangan atau capitnya menyerupai kepiting. Karena itulah, jenis udang tersebut diberi nama Udang Selingkuh, dimana si udang dianggap berselingkuh dengan kepiting. Untuk penyajiannya bisa dibakar, direbus dan digoreng. Anda bisa menjumpai Udang Selingkuh di Wamena wilayah Papua Barat.

Nah, setelah anda mengetahui kelezatan kuliner yang disajikan khas Papua Barat. Apakah anda bersiap untuk berwisata kuliner ke wilayah tersebut? Pastikan untuk memanjakan lidah bersama dengan keluarga tercinta.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *