Home » Wisata Kalimantan Tengah » 5 Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Tengah

5 Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Tengah

5 Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Tengah

5 Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Tengah – Melakukan perjalanan wisata ke luar Pulau Jawa memang sangat seru. Apalagi bila berkunjung ke daerah Kalimantan Tengah yang memiliki keberagaman wisata menarik. Namun setidaknya anda memboyong seluruh keluarga agar liburan semakin menyenangkan. Aneka hayati dan alam dikemas dengan sangat indah yang sengaja dipamerkan khusus untuk wisatawan.

Salah satu provinsi yang dikenal dengan hutan tropis alami ini menawarkan berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Kondisinya masih terbilang alami menjadikan Kalimantan Tengah sebagai destinasi yang menyegarkan. Terlebih jika kedatangan wisatawan disambut baik oleh masyarakat suku Dayak yang menjaga lokal arif dan hidup dalam kesederhanaan. Ini dia tempat wisata yang wajib dikunjungi di Kalimantan Tengah.

Berikut 5 Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Tengah

1.Danau Tahai

Danau Tahai berada di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu. Jika ditempuh dari kota Palangkaraya hanya berjarak 29 km. Danau kecil ini terbentuk dari bekas aliran sungai yang alurnya berubah, sehingga tidak mengikuti aluran sungai. Keberadaanya di dataran rendah dengan sekeliling hutan gambut yang lebat. Menariknya Danau Tahai memiliki air yang berwarna merah lantaran akar pohon di lahan gambut. Terdapat pula rumah lanting atau ruma terapung para penduduk.

2. Taman Nasional Tanjung Puting
Kini saatnya berwisata ke alam dengan menyusuri hutan yang masih asri dan bebas polusi. Adapun hewan khas yang berada di Taman Nasional Tanjung Putting ini adalah monyet, orang utan, rusa, dan lain sebagainya. Di kawasan ini para wisatawan akan menjumpai Sungai Sekonyer yang merupakan sungai alami dan masih terjaga. Di situlah pengunjung bisa menyusuri menggunakan perahu tradisional.

3. Taman Nasional Bukit Raya

Taman Nasional Bukit Raya merupakan objek wisata yang mengandung unsur edukatif. Pasalnya di sini sering dijadikan tempat untuk mengamati beragam jenis satwa hutan maupun tumbuhan khas daerah Kalimantan Tengah. Anda juga bisa melihat perkampungan masyarakat yang melakukan kegiatan perladangan atau berburu. Ada pula perbukitan yang termasuk hulu sungai dan terdapat air terjun menakjubkan.

4. Pantai Kubu
Selain hutan dan taman nasional, Kalimantan Tengah juga memiliki pantai yan sangat indah. Pantai Kubu menyuguhkan hamparan pasir putih kecoklatan yang tampak begitu bersih dan alami. Keberadaan pantai ini di Desa Kubu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawiringin Barat. Di sinilah para pengunjung bisa menikmati sayup-sayup angin pantai, sehingga menciptakan pengalaman tersendiri saat berwisata.

5. Taman Wisata Kum-Kum

Masih ada satu lagi objek wisata yang berupa Taman Wisaya Kum-kum, tentunya sayang untuk dilewatkan. Anda hanya memerlukan waktu 5 menit dari jantung kota Palangkaraya. Letaknya yang tepat di pinggir aliran Sungai Kahayan memang sangat tepat untuk bersantai saat hari libur. Para pengunjung dapat menyaksikan kapal yang sedang melintas di sungai tersebut. Suasana semakin sejuk dan nyaman lantaran terdapat pepohonan besar yang rindang.

Semoga apa yang telah disampaikan mengenai 5 Tempat Wisata Menarik di Kalimantan Tengah, bisa menjadi referensi anda jika berlibur ke Pulau Kalimantan.

One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *